Japan

Keseruan di Wizarding World of Harry Potter, Japan

14.52.00

Wizarding World of Harry Potter - USJ

Hallo all..

Bagi para potterhead pasti lagi berbahagia banget dengan munculnya film sekul dari Harry Potter yaitu "Fantastic Beasts and Where to Find Them". Buat yang penasaran dengan review nya silahkan cek disini ya. Karena semarak lagi dengan suasana dunia sihir dan pottermore, baru ingat kalau postingan saya saat mengunjungi Wizarding World of Harry Potter (WWoHP) di Universal Studio Japan masih keep di draft. >,<

Setelah 15 tahun berkecimpung didunia Harry Potter, bisa dibayangkan untuk mengunjungi dunia sihir atau Wizarding World of Harry Potter ini hanya mimpi belaka. Sebelumnya WWoHP ini hanya ada di Island of Adventure dan setelahnya ada di Universal Studio Orlando. Saat dengar kabar ada di USJ, Osaka Jepang pada July 2014, saya langsung riang gembira karena berpikir kalau Jepang rasanya masih ada harapan untuk bisa dikunjungi. Padahal sebelumnya pada Natal 2012 saya sudah mengunjungi USJ untuk pertama kalinya, dan sayang sekali ketika itu belum ada. Saat ini WWoHP juga sudah ada di Universal Studio Hollywood.

Walau sama sekali belum tau kapan mau ke Jepang lagi sebelumnya, saya benaran antusias dan yakin bakal bisa kesini. Benar saja, dan alhamdulillah akhirnya ada kesempatan lagi bisa ke Jepang. Sampai di Jepang ternyata perjuangan belum berakhir. Karena kesibukan lalu saya kerja dan stay di Nagoya, jadi saya mesti sesuaikan jadwal agar bisa kesana saat liburan, dan cari teman yang bisa diajak. 

Universal Studio Japan Reborn 15th

Universal Studio Japan
Universal Studio Japan - 090716
Akhirnya tepat sabtu, 9 July 2016 saya dan 2 orang teman pun sudah siap berangkat dan ini kedua kalinya saya ke USJ, Osaka. Ketika sudah sangat antusias dengan susahnya atur jadwal, paginya hujan pun deras banget. Ramalan cuaca Jepang pun juga mengatakan bakal hujan 90% seharian. Rada sedih galau, pikir gak bakal seru kalau hujan, teman saya kembali memastikan jadi atau tidaknya. Haha Karena gak ada waktu lagi, tanpa ragu kami tetap pergi. Persiapan payung dan jas hujan dan terus berdoa semoga cerah. :D

Akses

Naik dari stasiun Shin-Osaka, kita tinggal ambil rute menuju Universal Station. Biasanya kereta yang rute ke USJ sangat didesign khusus dengan karakter animasi yang ada di USJ. Jika beruntung kita bisa dapat dengan design Harry Potter. :D Karena pengen segera sampai, saya dan teman langsung naik kereta paling cepat. Gak sampai 30 menit sekitar pukul 10.00 kami sampai di Universal Stasiun.

Loker Penitipan Barang

Dari sini kita bisa langsung jalan menujju gerbang USJ. Bagi yang bawa banyak barang, gak usah pusing, karena banyak banget loker yang bisa digunaik buat titip barang. Karena saya bawa backpack yang lumayan berat, kami sempatin diri terlebih dahulu untuk titip barang. Ada banyak loker penitipan barang, diluar pintu masuk dan juga ada di dalam.

Tiket Masuk

Walau hujan, tapi sampai sini ternyata gerimis. Cukup senang tidak hujan deras seperti yang diprediksikan. Kami ikut antri untuk beli tiket masuk. Karena weekend, USJ selalu ramai. WWoHP berada di dalam USJ, jadi kita mesti beli tiket masuk USJ terlebih dahulu. Ketika itu saya bayar tiket masuk sekitar 7400 Yen untuk paket 1 day studio pass. Karena teman saya memiliki kartu USJ free selama 1 tahun, kami juga ikut dapat potongan jadi saya membayar sekitar 7000 Yen.

Bagi yang ingin mencoba beberapa atraksi saja bisa pilih universal express pass, dengan pilihan paket pass 3 dengan pilihan 3 atraksi terfavorit, dan juga ada pass 4 dan 7 dengan pilihan 4 atraksi atau 7 atraksi favorit salah satunya Wizarding World of Harry Potter.

Tips Saat Berkunjung ke WWoHP - USJ

  1. Bagi yang mengunjungi USJ saat weekend, apalagi hanya untuk mengunjungi WWoHP biasanya bakal gak bisa banyak icip atraksi yang lain karena antrian di WWoHP bisa panjang banget untuk masuk atraksi 4DX nya. Haha Untuk WWoHP saja saat itu saya menghabiskan waktu 3 jam antri, dan sekitar 1 jam - 2jam keliling desa dan lihat-lihat toko. :D Setelahnya icip atraksi baru Flying Dinosaur dengan antrian juga sekitar 2 jam lebih. 
  2. Kalau datang selain weekend, dan memang pertama kali sebaiknya sih ambil 1 day pass dan maksimalin waktu untuk coba semuanya.
  3. Pastikan waktu atraksi dengan akuran biar gak buang-buang waktu. Jika antrian panjang dan lama, bisa pilih terlebih dahulu atraksi dengan jam tunggu yang lebih cepat.
  4. Pastikan juga cek terus peta lokasi, biar gak capek jalan dan mutar-mutar. Karena USJ sangat luas, jadi untuk mengunjungi atraksi 1 dan yang lainnya bakal menghabiskan banyak waktu jalan. Kalai icip semua atraksi semua seharian juga dirasa gak akan cukup 1 day pass nya.
  5. Minum air mineral yang banyak, pakai sunblock jika perlu karena bisa panas banget dan lumayan dehidrasi. :D (Ketika itu saya mengunjungi musim panas juga jadi lumayan menyengat).
  6. Kalau pengen cepat, pilih antrian single. Kekurangannya, kita gak bisa duduk bareng atau sebelah dengan teman satu grup kita. Tapi setelah dicoba beneran jauh lebih cepat. Toh saat atraksi juga gak bakal bisa ngobrol karena sudah sibuk teriak sendiri. 

Wizarding World of Harry Potter


Karena tujuan utama WWoHP, kami langsung menuju lokasi WWoHP sebelah kanan dari pintu masuk. Sebelum masuk, kita harus ambil tiket antrian dahulu di lokasi tepat sebelum gerbang bagian luar WWoHP. Setelah dapat tiket antrian, kita bisa langsung serahin tiket pada petugas dan jalan masuk hutan WWoHP.

Suasana menuju gerbang utama beneran seperti berada di hutan Hogwarts saat sebelum masuk gerbang. Kita juga bakal dengar suara-suara makhluk dihutan seperti kodok dengan musik legendaris Harry Potter. Sampai sini belum ada antrian panjang, jadi masih jalan biasa di dalam hutan. Rasanya deg deg dan exited banget gak sabar ketemu gerbang utamanya.

Wizarding World of Harry Potter - USJ

Gak jauh sebelum gerbang utama, kita akan langsung menemukan mobil weasley yang rusak dihutan. Karena ramai yang foto disini jadi mesti antri dan gantian. 

Wizarding World of Harry Potter - USJ
Foto Dengan Mobil Weasley
Wizarding World of Harry Potter - USJ

Setelah puas foto-foto disini, lanjut perjalanan gak beberapa jauh kita sudah bisa menemukan gerbang WWoHP. Dipintu gerbang kita bakal langsung ketemu dengan berbagai shop dan dinning yang ada di desa Hogsmeade dan juga toko-toko yang ada di Diagon Alley.


Wizarding World of Harry Potter - USJWizarding World of Harry Potter - USJ
Wizarding World of Harry Potter - USJ

Three Broomsticks

Sama seperti cafe Three Broomstick di Harry Potter, disini kalian juga bisa pesan makanan dan minuman seperti menu yang sama persih seperti di film. Cukup luas dan ramai, jadi buat masuk disini mesti ngantri. Karena penasaran di dalamnya kami tetap ambil nomor antrian dan gak jadi ikut makan karena juga ramai sekali makananya lumayan merogoh kocek.

thre broomstick
Wizarding World of Harry Potter - USJ
three broomsticks

Hog's Head

Tepat didepan Three Broomstick kita bakal ketemu Hog's Head dengan minuman khasnya butterbear. dan juga jus labu Tapi minuman ini bukan beer dengan alkohol, hanya berupa cream soda with honey yang cukup manis dan lezat dan juga bisa dinikmati oleh anak-anak sekalipun. Harganya juga gak begitu mahal sekitar 650 Yen untuk gelas biasa. Dan harga 1000 Yen dengan gelas khusu butterbear seperti di film yang bisa dibawa pulang. Karena cuma nambah 350 Yen, jadi saya lebih milih yang dapat free gelas butterbearnya.

butterbear
butterbear

Zonko's Joke Shop

Masuk ke dalam Zonko's Joke shop (toko lelucon) bisa kalap karena kalian bakal nemuin semua barang-barang unik dan ajaib yang ada di Harry Potter. Seperti extendalble ears, teropong curiga, dan lain sebagainya.

zonko's shop

Honeydukes

Bagi para pecinta cemilan di Harry Potter, jangan lupa mampir disini ya. Jangan kalap karena kalian bisa nemuin semua jenis makanan kesukaan anak-anak Hogwarts. Pastinya yang paling populer ada bartie bott's every flavour beans (permen segala rasa), and chocolatte frog (Coklat kodook).

honeydukes
Wizarding World of Harry Potter - USJ


Ollivanders

Sama persih dengan di film, yang mau cari tongkat sihir Ollivanders kita bisa pilih tongkat kesukaan kita. Cukup takjub karena tata ruangnya juga sama persih. Gak nyangka rasanya beneran berada dalam dunia sihir Harry Potter.

olivanders shop
olivanders shop

Wiseacres's Wizarding Equipment

Ditoko ini kalian bisa menemukan segala kebutuhan untuk sekolah sihir Hogwarts.seperti terpong, kaca pembesar, dan kompas. Lainnya juga ada seperti jubah dan juga dasi.

Wizarding World of Harry Potter - USJ
Wizarding World of Harry Potter - USJ

Owl Post and Owlery

Sama persih seperti difilm. Disini kita juga menemukan tempat kirim surat dengan postmark Hogsmeade. Disini kita juga menemukan berbagai macam alat tulis, dan juga stamp WWoHP dan segala macam yang berkaitan dengan gift dan mainan.

Wizarding World of Harry Potter - USJ
Wizarding World of Harry Potter - USJ

Dervish and Banges

Bagi yang suka dengan olah raga quidditch, disini juga dijual segala macam kebutuhan dunia sihir, dan quiadditch, Juga ada seragam quidditch dan lainnya.

Wizarding World of Harry Potter - USJ

Gladrags Wizarwear

Cukup kaget pas lihat disini. Ternyata juga ada toko yang menjual pakaian-pakain pesta penyihir. KIta bisa nemuin baju seperti yang di pakai Hermione saat pesta dansa atau baju Cho Chang. Karena sangat ramai jadi gak bisa cobain. Wahh~

Filch Emporium of Confiscated Goods

Disini juga ditemukan segala macam item dan barang-barang dan kebutuhan alat tulis dengan Hogwarts. Bagi yang pengen beli oleh-oleh, goodies dengan tema hogwarts ini juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Selain itu saya juga menemukan toko Madam Puddifoot's tea shop sama persih dengan difilm dengan suasana yang lovey dovey dan serba pink.. Serta pos burung hantu asli.

Wizarding World of Harry Potter - USJ
Madam Puddifoot's
Wizarding World of Harry Potter - USJ
Burung Hantunya asli
Selain berkeliling di Hogsmeade dan Diagon Alley, pastinya yang gak boleh ketinggalan yang paling utama yaitu atraksi di WWoHP.

1. Wand Magic

Kita juga bisa coba bermain tongkat sihir dan merasakan sihir yang keluar sesuai mantra yang diucapkan. Lokasi ini hanya diluar kastil Hogwarts. Jadi gak perlu antri lama karena tidak terlalu ramai.

wand magic

2. Filght of Hippogriff

Atraksi terbang dengan hippogrif juga sangat seru untuk dicoba. Lokasinya berada diluar kastil Hogwarts. Merasakan sensasi sama dengan naik jetcoster. Karena antrian disini juga panjang, saya lebih mendahulukan antri pada atraksi utama yaitu Harry Potter and Forbiden Journey 4X3D.

flight oh hippogriff

3. Harry Potter and Forbiden Journey 4X3D

Ini atraksi utama yang wajib dicoba kalau ke WWoHP yang antriannya bisa berjam-jam. Atraksinya tidak begitu lama, hanya sekitar lebih kurang 15 menit. Tapi untuk bisa naik ini benaran butuh perjuangan. Kalau weekend bisa antri 2-3 jam. Lokasinya berada di dalam kastil hogwarts, jadi mau gak mau kalau ingin masuk kastil Hogwarts kita tetap mesti ikutan antri. 

harry potter atraction forbiden jurney 4x3d

Danau Belakang Sekolah Hogwarts
Danau di Belakang Sekolah dengan Airnya yang Hitam
Wizarding World of Harry Potter - USJ
Suasana Antri Masuk Hogwarts &Atraksi 4X3D
Hogwarts Caslte
Akhirnya Sampai di Pintu Masuk
Suasana antri sebelum masuk kastil kita akan digiring disekitaran suasan hogswarts seperti lokasi hutan, dan rumah kaca tempat tanaman-tanaman sihir. lebih kurang antri sekitar 2 jam lebih, akhirnya saya masuk ke kastil hogwarts. Sempat merinding karena haru serta suasana didalam dingin dan gelap.

Karena memasuki area atraksi, sayang sekali suasana di dalam kastil tidak bisa difoto. Karena kita harus meletakan semua barang diloker penitipan. Kita juga bakal menemukan foto-foto bergerak dan tangga berjalan yang sama persih seperti di film. Sangat saya disini gak bisa diabadikan. Setelah titip barang, kita menuju lokasi atraksi. Gak begitu menunggu lama, petugas akan memberi kita kaca mata 3D, dan naik atarksi dengan kapasitas 1 baris bisa 4 orang.

Dag dig dug deaaarr dan yahoooo~ kita akan digiring dengan petualangan Harry dan kawan-kawan menghadapi para dementor, masuk hutan terlarang, main quidditch dikejar naga dan menghadapi berbagai tantangan pada forbiden journey lainnya. Saya sangat antusias dan menikmati dengan melepaskan segala teriakan kegirangan. Beberapa teman saya ada yang ketakutan. Tapi karena saya paling doyan dengan segala macam atraksi yang ekstrim, jadi rileks dan enjoy, bakal sangat menyenagkan.

Cukup lama tapi juga tidak begitu lama, atraksi usai. Sempat kecewa karena antri yang berjam-jam berharap menikmati atraksi berjam-jam juga. Hehehe (ngasal). Tapi cukup puas dan yah bagi kalian potterhead siap-siap teriak kalau sudah disini yaaa~

Karena suasana dalam kastil yang cukup dingin, jadi kebelet pipis. Walau gak kebelet, disaranin sih jangan lewatkan mampir dalam toilet Hogwarts ya. Karena suasana di dalam toilet juag sama persih dengan toilet seperti di chamber of secret. Kita bakal dengar suara tangis Moaning Myrtle dan suara kran air di Hogwarts.

toilet hogwarts
Wizarding World of Harry Potter - USJ
Toilet Hogwarts
Selain itu juga ada street atraksi seperti pelajaran tongkat sihir, paduan suara, dan triwizard spirit raily seperti yang dishow kan oleh anak anak sekolah sihir durmstrang pada turnamen triwizard. Tapi ketika itu saya tidak datang pada event khusus kali ya, jadi tidak menemukan pertunjukan yang diatas. Karena sepertinya hanya ada pada jam-jam khusus.

Wizarding World of Harry Potter - USJ

Yang paling gak boleh ketinggalan, foto dengan Hogwarts Express. Masinisnya juga cakep dan tinggi. Foto disamping masisnis nya jadi berasa kurcaci. Hehehe. Karena disini juga ramai yang foto, jadi budayakan antri ya.

Higwarts Express

Setelah dari sini kami pun melanjutnya main diatraksi berikutnyaaa~ Rasanya masih belum puas karena beberapa kendala seperti ramai, memori kamera yang penuh jadi gak bisa banyak foto. Tapi salah satu wishlist terpenuhi rasanya benaran senang. saya juga banyak ambil video, tapi karena beberapa kendala belum sempat edit. Ditunggu ya. ~ Semoga bisa kesini lagi. ~

See you~

You Might Also Like

4 komentar

  1. benar-benar terasa ada di dunia harry potter ya..

    BalasHapus
  2. tempatnya mirip banget sama yang ada di filmnya, apalagi ada kelelawar beneran itu di dalamnya, keren deh..

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^