Aimizukitchen

Bolu Kemojo atau Kojo Khas Pekanbaru

18.14.00


Puding coklat caramel dan bolu kemojo pada acara pernikahan
Barangkali sudah ada yang dengar dengan kue bernama bolu kojo atau kemojo. Awalnya saya tidak begitu ngeh atau kenal dengan kue ini. Sebelumnya pernah makan bolu yang serupa dibawa teman dari Palembang dengan nama bolu kojo. Tapi kali ini saya dapat kue ini dari orang Pekanbaru dengan nama bolu kemojo dengan bentuk kue dan rasa yang sama. Sempat cekcok dengan kakak karena yang saya tau adalah bolu kojo, tapi kata sikakak ini bolu kemojo. Akhirnya saya tanya-tanya lagi mana yang benar dan searching om google, ternyata bolu kojo atau kemojo itu sama.
Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah.

Tekstur bolunya padat, kalau kata si mama seperti kue basah yang bantat (kue kembang tak jadi), dengan rasa manis yang khas dan adonan telur yang cukup terasa. Berhubung karena saya sangat suka sekali dengan berbagai varian kue basah, saya pun dengan senang hati menikmati makan bolu ini. 

Sedikit cerita, saya dapat bolu kemojo ini dari orang Pekanbaru dalam sebuah acara adat baralek (pernikahan) kakak sepupu saya orang Minangkabau dengan orang Pekanbaru. Keluarga di Peanbaru membawa hantaran dan salah satunya bolu kemojo ini. Kemudian saya juga mengunjungi acara perhelatan di pekanbaru dan kembali dihidangkan dengan bolu kemojo ini serta dessert khas daerah lainnya berupa puding coklat caramel. Tapi kali ini tekstur bolu kemojo yang saya nikmati sedikit berminyak namun tetap lezat. Menurut saya, bolu ini akan sangat lezat jika dimasukan kulkas dan dimakan saat dingin.

Jadi bagi yang berkunjung ke Pekanbaru, Riau, Jambi, Palembang dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dan banyak dijumpai jenis bolu ini. Saya pun juga membungkus beberapa untuk dinikmati selama perjalanan kembali ke Padang.

Bagi yang ingin resepnya dan coba di rumah, berikut resep yang saya kutip dari resep masakan semoga bisa membantu.



Bolu Kemojo Pekanbaru

Bahan

Resep bolu kemojo ini tidak jauh beda dengan bahan resep bolu lainnya. Bahan yang digunakan juga bahan-bahan yang sering kita temui sehari-hari :

1. 250 gr tepung terigu segitiga biru
2. 50 gr gula pasir
3. ¼ sdt baking powder
4. ¼ sdt garam
5. 300 cc susu cair
6. 3 butir telur
7. ½ sdt fernipan
8. 50 gr mentega
9. ekstrak pandan (pewarna hijau alami)

Cara Membuat Bolu Kemejo :

1. Siapkan semua bahan yang digunakan
2. Ambillah 3 butir telur yang sudah disiapkan
3. Kocok telur dan gula dengan mixer
4. Campurkan terigu, baking powder, garam dan susu serta fermipan secara merata. Lalu, diamkan selama kurang lebih 30 menit
5. Tambahkan adonan kue dalam kocokan telur dan gula pasir
6. Setelah semuanya dicampurkan, cairkan mentega dengan api sedang
7. Masukkan lelehan mentega dalam adonan kue
8. Tambahkan pula pewarna hijau alami yang terbuat dari bahan pandan
9. Aduk merata adonan
10. Cetak adonan dalam loyang, lalu panaskan dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 10 menit
11. Angkat dan sajikan kue bolu kemejo untuk keluarga di rumah

Selamat Mencoba~ 

You Might Also Like

3 komentar

  1. saya sangat penasaran dengan rasanya, terlihat sangat enak.

    BalasHapus
  2. teria kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai keutamaan pinjaman online jika berkenan. terima kasih banyak

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^